Seputar Dunia Hamster

Segala Info Menarik Tentang Dunia Hamster..!!!

Rabu, 10 November 2010

Makanan Hamster




Walaupun sering diabaikan, memilih jenis makanan bagi makhluk hidup, adalah hal yang penting. Makanan diberikan bukan hanya berdasarkan 'apa yang disukai' tapi lebih berdasarkan apa yang dibutuhkan'. Hal ini yang paling sering dilupakan oleh para pemilik hamster.

Tentu saja memilih jenis makanan berdasarkan 'apa yang disukai' hamster akan lebih menyenangkan terutama karena interaksi menyenangkan yang terjadi dengan si hamster. Tapi sayangnya terkadang makanan kesukaannya dapat menjadi musuh terbesar bagi hamster itu sendiri. Sebagai seorang pemilik hamster yang bertanggung jawab, kita memiliki kewajiban untuk menciptakan pola makan yang sehat dengan gizi seimbang. Dan untuk ini kita harus mengerti lebih banyak tentang kebutuhan hamster itu sendiri.

Kebutuhan gizi setiap makhluk hidup tentu berbeda, tergantung dengan cara hidup, sistem pencernaan, siklus tubuh, lingkungan, dan lainnya. Karena itu kebutuhan gizi hamster pun berbeda dengan manusia. Ini berarti tidak semua makanan yang kita makan juga dapat dimakan oleh hamster.

Dibawah ini kita akan membahas menu makanan sehat dan bergizi untuk seekor hamster, juga termasuk daftar makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster.

Makanan Utama

Makanan Utama adalah makanan yang diberikan setiap hari kepada hamster, dan meliputi sebagian besar persentase dari jumlah makanan hamster sehari-hari.

Untuk kategori makanan utama ini biasanya telah disediakan makanan khusus bagi hamster yang dijual di petshop/toko hewan peliharaan. Makanan khusus hamster ini biasanya terdiri dari berbagai biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, kuaci, biji bunga matahari dan berbagai jenis pelet (campuran sayur dan buah yang dipadatkan) dengan bentuk-bentuk yang berlainan.

Catatan : Jika selanjutnya saya menggunakan istilah 'pelet' maka 'pelet' yang saya maksud tidak harus berbentuk silinder panjang yang seperti kita jumpai pada 'pelet' makanan ayam. 'Pelet' pada makanan hamster biasanya beraneka ragam bentuknya, mulai dari bentuk bunga, bintang, bulat seperti bola kecil, atau bentuk-bentuk lain. Tekstur dan warnanya pun beraneka ragam tergantung bahan yang dipadatkan untuk membuat 'pelet' tersebut.


Makanan khusus ini telah diracik sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi hamster. Tapi walaupun begitu ada berbagai tips dari para ahli hamster yang saya temui di dunia maya ini. Salah satunya adalah tentang bentuk makanan hamster. Kebanyakan dari mereka berpendapat makanan hamster yang berbentuk pelet semua dalam satu kemasan, adalah makanan hamster yang paling baik untuk diberikan pada hamster. Banyak makanan hamster terdiri dari biji-bijian dan kacang-kacangan, dan makanan hamster jenis ini akan menjadi masalah terutama untuk hamster yang bersifat 'pemilih makanan'. Hamster yang pemilih biasanya hanya akan memilih jenis makanan tertentu yang dia suka dan membuang makanan yang lainnya. Hal ini akan mengakibatkan ketidakseimbangan gizi bagi hamster itu sendiri. Oleh sebab itu jika makanan hamster berbentuk pelet maka si hamster tidak mempunyai pilihan lain selain menyantap semua makanan yang ada.

Tapi masalahnya memang tidak semua hamster akan langsung menyukai makanan jenis pelet ini dan lebih tertarik dengan makanan yang berbentuk biji dan kacang. Nah untuk hamster dengan pola makan seperti ini memang kita harus pintar-pintar mengatur agar pola makannya menjadi seimbang. Masalah yang paling sering dihadapi oleh hamster pemakan biji dan kacang-kacangan adalah jumlah kandungan lemak yang biasanya terlalu tinggi bagi hamster. Lemak memang dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan berbalik membahayakan. Dari penelitian terhadap hamster, ditemukan bahwa pada angka kematian (mortalitas) lebih tinggi jika hamster mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi. Jadi oleh karena itu para ahli menyarankan jika hamster diberi makan kacang dan biji-bijian, hindari yang tinggi lemak. Jika makanan dibeli dalam kemasan, kita bisa mengurangi kadar lemak dengan mengurangi jumlah kuaci/biji bunga matahari-nya, karena biasanya jumlahnya terlalu banyak.

Makanan Tambahan, Snack dan Cemilan Sehat

2 komentar:

mantab artikelnya..:)
 
temen2,,aku jg punya 4 hamster sepasang,tp kok yg cwek gk hamil2 ya..
 

Posting Komentar