Seputar Dunia Hamster

Segala Info Menarik Tentang Dunia Hamster..!!!

Rabu, 10 November 2010

Merawat Hamster Di Rumah

Hamster baru Anda baru tiba di rumah barunya. Banyak hal yang harus Anda perhatikan karena rumah bisa menjadi tempat yang berbahaya atau tempat yang aman bagi hamster, tergantung Anda menempatkan mereka.

_______________________________________________

Di Luar atau Di Dalam Rumah

Hamster adalah hewan yang bersih dan hampir tidak berbau, tentu jika Anda merawatnya dengan benar. Taruhlah hamster Anda di dalam rumah, jangan di luar. Beberapa alasan utama mengapa Anda harus meletakkan kandang hamster di dalam rumah :

1. Binatang pemangsa. Di Indonesia banyak terdapat kucing atau anjing liar yang dapat mengancam keselamatan hamster Anda. Kalaupun bukan kucing dan anjing liar, tikus pun bisa menjadi salah satu bahaya paling besar bagi jiwa hamster. Taruhlah hamster di tempat-tempat yang tidak terjangkau oleh binatang-binatang pemangsanya.

2. Hujan, panas dan dingin. Hamster mudah terserang flu, dan jika terserang flu hamster mudah mati. Jadi hati-hatilah terhadap hujan dan udara dingin. Selain itu hamster juga mudah terkena heat stroke, suatu keadaan berbahaya yang diakibatkan karena udara panas. Sinar matahari adalah salah satu yang dihindari jika kita memelihara hamster.

Jadi usahakan untuk menaruh kandang hamster di dalam rumah. Hamster tidak akan menjadikan rumah Anda berbau atau kotor, di samping itu ukuran kandang pun tidak terlalu besar dan gampang ditaruh di salah satu sudut rumah Anda.

_______________________________________________

Tempat yang Nyaman





Siapkan sebuah tempat yang nyaman bagi hamster yang baru datang agar hamster lebih mudah beradaptasi dengan rumah barunya. Tempat yang nyaman bagi hamster baru adalah sebuah pojokan yang jarang dilalui orang, tenang, tidak terkena sinar matahari dan tidak terkena angin secara langsung. Taruh kandang di ruangan yang suhunya sejuk dan kering. Hindari tempat-tempat lembab karena akan merusak bulu hamster.

_______________________________________________

Majikan Baru & Menjinakkan Hamster

Sekarang Anda adalah majikan baru dari hamster-hamster tersebut. Mulailah pendekatan dengan cara yang lembut dan perlahan. Jangan memaksakan kedekatan dalam waktu singkat. Beri waktu bagi hamster untuk beradaptasi dengan lingkungan barunya, beradaptasi dengan Anda dan kegiatan barunya.

Berikut adalah langkah-langkah yang disarankan bagi Anda untuk menyambut hamster baru di rumah Anda :

Taruh hamster di dalam kandang barunya dan tinggalkan selama lima belas menit agar mereka dapat beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan barunya. Biarkan mereka menjelajah, mengendus-endus kandang baru, dan biarkan mereka menemukan pojok-pojok yang nyaman dalam kandang mereka.

Setelah mereka terlihat lebih nyaman, ambillah sepotong treat/cemilan atau biskuit tanpa rasa dan genggamlah pada tangan Anda terlebih dahulu untuk memberikan sedikit 'bau' Anda pada biskuit. Setelah itu tawarkan treat pada mereka dengan tangan Anda. Mungkin pada awalnya mereka akan merasa curiga, bahkan pada beberapa jenis hamster mereka akan menyerang biskuit/treat yang Anda berikan, tapi tetaplah tenang dan berikan dengan hati-hati. Jangan membuat gerakan-gerakan mengejutkan.

Awasi mereka makan treat dari tangan Anda dan ketika mereka sudah bosan, angkat treat tersebut. Jangan tinggalkan dalam kandang. Masukkan lagi ke dalam kemasan dan berikan lagi dalam jangka waktu tertentu. Ulangi cara ini berkali-kali sampai 3 hari atau seminggu.

Setelah hamster-hamster baru itu terlihat lebih nyaman dengan kehadiran Anda cobalah untuk menyentuhkan atau mengadakan pendekatan langsung. Jika Anda masih ragu, Anda bisa memulai dengan meletakkan treat di atas telapak tangan dan membiarkan hamster menghampiri dan naik ke atas tangan Anda. Jika hamster belum mau naik atau belum mau diangkat dengan tangan, coba lagi pendekatan dengan memberikan treat sesering mungkin dengan tangan Anda.

Untuk hamster yang pertama kali naik ke tangan Anda biarkan hamster bergerak dengan nyaman, ikuti arah gerakannya. Kebanyakan hamster menyukai permainan "turun ke tangan berikutnya". Jadi mulailah bermain dengan hamster di atas tangan Anda. Permainan ini akan mempercepat proses perkenalan majikan dan hamster baru.

Setelah hamster merasa lebih nyaman cobalah untuk mengepal tangan Anda dan coba untuk menaruh hamster dalam kepalan tangan Anda. Jangan menekan atau meremas hamster. Beri ruang yang cukup besar dalam rongga kepalan Anda. Cobalah cara ini berulang-ulang sampai akhirnya hamster akan merasa nyaman dan tidak menganggap Anda sebagai ancaman atau makhluk pemangsa lainnya. Sampai taraf ini, hamster akan lebih mempercayai Anda dan mulai menaruh kepercayaan terhadap Anda.

Hal yang perlu diingat adalah kesabaran Anda. Lakukan setiap langkah dengan perlahan. Jangan memaksakan hamster untuk menjadi jinak dalam sekejap. Setiap hamster memiliki jangka waktu yang berbeda untuk menjadi jinak. Tunggulah saat itu dan nikmati saja waktu bersama Anda dan hamster-hamster baru Anda!

2 komentar:

Bang, Hamster saya di taruh di kamar ber AC. apa itu ok?
Jenis WW
 
Apakah hamster berbahaya bagi manusia
 

Posting Komentar